ini tentang Perempuan

Perempuan selalu menjadi sosok yang menarik buat saya, bukan karena kebetulan saya perempuan,tapi memang rasanya sosok perempuan itu unik. Nyatanya…, banyak sekali perayaan untuk menghormati perempuan, ada International Women’s Day yang dirayakan setiap 8 Maret, ada Hari Kertini setiap 12 April untuk merayakan kebangkitan emansipasi perempuan, lalu ada Hari Ibu setiap 22 Desember untuk menghormati cinta bunda, bahkan… sampai ada Komnas Perempuan sebagai wadah untuk segala pemberdayaan perempuan, Kementrian Perempuan pun juga ada.

Boleh jadi, karena keistimewaan perlakuan ini kemudian membuat kaum lelaki juga sedikit iri, atau juga sangat mendukung, makanya kadang ada para lelaki yang dengan sukarela memberi hadiah lebam biru pada perempuan pasangannya, supaya bisa mengakses layanan khusus ini, hehehe. Enggak lah, itu hanya kebetulan saja. Ya to…??!

Kenapa saya begitu berminat pada perempuan?

Ada diceritakan bahwa untuk menciptakan perempuan, Tuhan sampai lembur. Bayangkan, LEMBUR man!! Catat itu. Artinya Tuhan memang tidak main-main saat menciptakan mahluk yang multi tasking ini #ehm… bersihkan tenggorokan  Dia mengkombinasikan antara kemampuan motorik halus dan kasar, ketajaman intuisi dan logika, keindahan dan kelembutan, serta kemampuan berkomunikasi dengan cara yang universal, dalam satu bentuk. Luar biasa bukan?

Sejarah juga mencatat para perempuan ini tak segan untuk bahu-membahu bersama kaum pria di medan laga, meski tempatnya di bagian dapur umum. Jangan bayangkan kalau ini tak penting lho, pasti bisa membayangkan to kalau ada serdadu yang gak sarapan? Hehe. Urusan bahu membahu ini juga terjadi sampai detik ini, lihat saja kehidupan rumah tangga keluarga masing-masing, atau mungkin rumah tangga kita sendiri. Ada yang bilang, dibalik laki-laki yang sukses, ada perempuan hebat.

Ya, perempuan hebat. Hari ini, saya sengaja sedikit meluangkan waktu saya untuk mentracking eksistensi perempuan-perempuan hebat yang ada di sekitar saya. Bekerja di sektor peningkatan kapasitas organisasi nirlaba, membuat saya mengenal banyak sosok perempuan keren. Dengan hanya mengetikkan nama mereka di mesin pencari, lalu tekan enter, dan sederet informasi akan muncul, si A ada di berita ini, si B di koran itu, si C di website ini dst dst dst…. Saya kemudian mencoba mengetikan nama saya sendiri di mesin pencari dan, tadaaaaaaaaa, muncul si sederet sosial media hahahahaha.

Sebenernya ini dua sisi mata uang, perempuan itu mahluk kompetitif. Positifnya, banyak yang bisa di diperbuat dan menghasilkan karya untuk kemasalahatan umat, negatifnya, ya saat kemudian obsesi menjadi ambisi yang tak berkesudahan, namanya bikin penyakit. The limit doesn’t exist sist 😀

Tapi apapun yang terjadi di luar sana, khususnya tentang perempuan dengan segala seluk beluk, kompleksitas, dan keunikannya. Segala seuatu yang dilakukan, kita mesti memahami poinnya apa, tujuan dan segenap konskwensi yang akan mengikuti. Tentang pilihan karir, pilihan hidup, apapun itu. Tak jadi soal kalau kadang sedikit melawan arus kehidupan, tapi dari situ seringkali mendapatkan jalur baru yang lebih suiiiiippp. Dan hal yang paling membahagiakan dari semuanya itu, saya sangat bersyukur terlahir sebagai perempuan!!!

portal mimpi, abis jum’at